//
you're reading...
Uncategorized

Asyiknya terjun ke dunia LINUX.

Cak Anas
Surabaya, 5 September 2007

Bicara soal kenyamanan memang banyak hal dan cara untuk mendapatkannya. Terutama jika yang kita dapat sesuai dengan apa yang kita harapkan, otomatis akan timbbul rasa nyaman dan asyik untuk menikmatinya.
Inipun terjadi saat aku mengenal LINUX dan mulai terbius dengan dengan sistem operasi yang free tersebut. Awalnya hanya sekedar coba-coba, namun begitu aku terjun ke dunia LINUX keasyikanpun muncul di tambah lagi muncul ide-ide baru untuk mengenalkan linux di dunia pendidikan. Mulai dari mengadakan seminar kecil-kecilan sampai mencoba sebuah proyek kecil tentang LTSP yang diimplementasikan pada sebuah LAB sekolah.

Tantangan demi tantangan muncul semakin menambah rasa keingintahuanku akan sistem operasi ini semakin mendalam. Yang lebih menyenangkan lagi adalah ketika aku dalam kesulitan untuk menggunakan sistem operasi ini, banyak sekali support yang kuperoleh dari teman-teman sesama pengguna LINUX baik secara langsung maupun lewat dunia maya. Intinya semangat untuk berbagi ilmu dalam komunitas ini sangatlah tinggi, bahkan dapat dikatakan mereka tidak mengharap imbalan karena hanya punya tujuan untuk memajukan perkembangan TI di tanah air ini.

Namun tidak semua dapat memandang hal tesebut sebagai suatu kemajuan dan perkembangan TI di Indonesia, justru mereka menganggap itu adalah suatu peristiwa yang bersifat insidentil belaka. Sesuatu yang hanya booming sesaat, dan lemudian akan tenggelam ditelan waktu. Sebab kalau kita lihat LINUX memang saat ini sedang booming dan mulai merambah di setiap sektor pekerjaan, mulai dari perkantoran, pendidikan, bisnis hingga hiburan. Tetapi menurut saya itu akan tetap terus bergerak naik dan berkembang lebih pesat karena sifatnya yang opensource.
Misalnya cibiran teman atau bos di kantor ketika aku berbicara tentang linux, aku hanya menganggap bahwa mereka masih belum mengenal apa itu LINUX dan aku berusaha untuk tetap mengenalkan pada mereka tentang manfaat serta kemudahan-kemudahan tentang LINUX.

Di sinilah letak asyiknya belajar LINUX dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Tantangan dan hambatan bukan menjadikan suatu hal yang akan menyurutkan keingintahuanku tentang LINUX. Justru ini merupakan spirit bagi ku untuk mencoba mencari solusi agar ada jalan keluarnya.

About cakanas

Seorang yang terlahir di kota Pahlawan, yang hobby mempelajari sesuatu yang baru walau terkadang agak "extrem" hanya sekedar untuk membuktikan bahwa orang lain bisa mengapa ku tidak.

Diskusi

5 thoughts on “Asyiknya terjun ke dunia LINUX.

  1. Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in, and view the posts’ comments, there you will have the option to edit or delete them.

    Posted by Mr WordPress | September 21, 2006, 2:13 am
  2. terusin aja linuxnya, and istiqomah. kaji trussss and cari peluang. good luck for you…!

    Posted by mashoedah | September 12, 2007, 9:38 am
  3. gw tertarik ma linux, tapi gw masih blum terlalu mahir cara penginstalannya?
    gimana cara biar gw cepet nguasainnya???

    Posted by septian | Oktober 9, 2008, 9:38 am
  4. kalo menurut gw sih tergantung pada kemauan kita untuk sering ngoprek alias rajin belajar nginstal sistem operasi tersebut. Sebab banyak sih macamnya distro linux yang beredar, jadi tinggal pilih saja mana yang sesuai selera dan kebutuhan sehari-2. Trus ikutan milisnya agar kalo bingung bisa tanya sana-sini, dan ikutan komunitasnya juga sangat direkomendasikan. semoga tetap semangat untuk belajar dan berkarya…

    Posted by cakanas | Oktober 13, 2008, 1:19 am
  5. Selama saya pake linux kesulitan yang saya temukan hanya pada saat desain. Karena terbiasa menggunakan Photoshop dan Corel, saya mengalami kesulitan saat bekerja dengan OS Linux karena Program WIN belum mampu mensuport jalanya program corel

    Posted by ali | April 27, 2012, 1:06 am

Tinggalkan Balasan

September 2006
S S R K J S M
    Sep »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

  • 61,244 hits
