//
you're reading...
Sosial Review

Rencana Fatwa Haram Facebook, antara pro dan kontra….

Dunia IT khususnya dunia maya memang “keterlaluan”….. sebab belum lama mereka merilis situs jejaring sosial seperti Friendster dan Plurk, kini telah memunculkan situs jejaring sosial baru bernama “Facebook”. Hingga beberapa bulan kemarin jumlah user aktif yang terdaftar mencapai 200 miliar orang, itu belum termasuk user terdaftar yang tidak aktif (sumber: http://blog.facebook.com/blog.php?post=72353897130). Ini membuktikan betapa banyak peminat yang bergabung pada situs jejaring sosial ini, mulai dai yang muda hingga yang tua, laki-laki maupun perempuan, pelajar hingga pekerja bahkan yang sudah pensiunan pun ikut memanfaatkan situs ini.

Situs Facebook

Situs Facebook

Kebanyakan dari mereka yang memanfaatkan situs ini adalah untuk pertemanan, mencari kawan lama yang terpisah oleh waktu dan belahan bumi, membangun mitra bisnis sampai-sampai ada yang menyalahgunakan untuk kepentingan yang tidak semestinya, seperti perselingkuhan, perbuatan penipuan dan kejahatan cyber lainnya yang memanfaatkan popularitas situs ini.

Dan memang tidak dapat dipungkiri, sesuatu selalu ada dampak positif dan negatifnya. Semua itu tergantung dari siapa yang memanfaatkan serta memegangnya, seperti salah satu contoh di bawah ini:

1.“Pisau, pertama kali dibuat dengan tujuan untuk memudahkan manusia dalam memotong/ meraut suatu benda, namun pada perkembangannya hingga sekarang banyak juga disalah gunakan sebagai senjata pembunuh dalam perang, perampokan atau tindakan kriminal lainnya”.

2. “Kursi Kekuasaan/Jabatan kepemimpinan”, adalah amanah dari ummat/rakyat yang, harusnya kepemimpinan itu tidak saling diperebutkan, terutama para ulama yang jadi panutan umatnya…. apalagi saat bekampanye… saling hasut…. saling syu’udzon sehingga memecah belah persatuan ummat, menimbulkan kebencian, pertikaian, sampai-sampai nyawa melayang hanya gara-gara saling ejek antar pendukung. Padahal mereka masih sama-sama satu saudara sesama muslim, dan para ulama nya sadar bahwa sesama muslim itu saudara.

Nah … sekarang yang lagi santer adalah Rencana Fatwa yang akan mengharamkan situs jejaring sosial yang dalam hal ini telah dibahas oleh *FMP3 (Forum Musyawarah Pondok Pesantren Putri) Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur dan sontak mengundang banyak reaksi dari para Facebooker di tanah air.
*) konon kabarnya pembahasan itu dibantah oleh pengurus Ponpes itu sendiri
(http://news.okezone.com/read/2009/05/24/1/222449/1/fmp3-bahas-facebook-di-pesantren-putri-lirboyo)

Pro dan kontra bermunculan…..Disatu sisi ada kekhawatiran akan penyalah gunaan teknologi dan di sisi yang lain justru dengan kemajuan teknologi ini harus dikembangkan untuk kemaslahatan ummat.

Jika dikembalikan pada contoh “Pisau” dan “Kursi Kekuasaan/Jabatan Kepemimpinan” di atas, dampaknya hampir sama dan bahkan bisa lebih parah daripada penggunaan Facebook. Namun mengapa hal tersebut tidak dijatuhi fatwa haram????

Kesimpulannya adalah semua itu tergantung dari siapa yang memegang dan menggunakannya, manfaat dan madlaratnya lebih besar yang mana…itu saja sih… masing-masing memiliki dampak dan tidak bisa langsung dijatuhi fatwa.

Satu contoh lagi …coba saja kalo mau yang jelas-jelas nyata …bunga bank yang menurut syar’i adalah riba dan bank yang tidak berdasarkan syar’i di fatwa haram…… fikir dan renungkan sendiri..reaksinya.

Iklan

About cakanas

Seorang yang terlahir di kota Pahlawan, yang hobby mempelajari sesuatu yang baru walau terkadang agak "extrem" hanya sekedar untuk membuktikan bahwa orang lain bisa mengapa ku tidak.

Diskusi

6 thoughts on “Rencana Fatwa Haram Facebook, antara pro dan kontra….

  1. Dalam Islam udah lengkap, apapun yang berlebihan itu harus dihindari … hukumnya bisa haram ….. makan, minum, tidur apalagi pesbuk-an ….. sy kira ga perlu dibahas lagi …!

    Masa harus keluar fatwa baru? buang-buang waktu aj….!

    Posted by lutfi | Mei 26, 2009, 3:39 am
  2. Betul cak… justru akan menyeret konflik baru antara pro dan kontra yang malah menimbulkan saling hasut, saling fitnah dan itu justru lebih haram hukumnya.

    Posted by cak anas | Mei 29, 2009, 5:54 pm
  3. Facebook haram? Ya kalau digunakan untuk membuat keharaman. Tapi coba kalau kita lihat dari sisi pertemanan; ide yang sehat, kampanye yang baik dan santun; mencari anggota keluarga yang lama tak jumpa; syiar (saya berlangganan kata-kata Hikmah) dan perQur’anan dan lain lain yang useful.

    Rasanya para anggota MUI ini perlu mengkaji lebih dalam lagi.

    Btw, sudah join cause ini?

    http://apps.facebook.com/causes/287253/65537078?m=646ae194

    Yuk, kita tolak saja. Mudah-mudahan berguna.

    Posted by esti | Juni 8, 2009, 6:37 am
  4. trima kasih mbak esti…

    Posted by cakanas | Juni 8, 2009, 3:40 pm
  5. Menurut ane, facebook itu lebih banyak merugikan dari pada menguntungkannya. Seperti membuang-buang waktu, produktivitas kerja menurun, semangat belajar hilang, perselingkuhan, dll.

    Posted by Yudhistira | Desember 16, 2011, 3:26 pm
  6. #yudhistira: ya… semua itu kita serahkan pada individu masing-masing… teknologi itu bagai sebilah pisau… tergantung siapa yang pegang… 🙂

    Posted by cakanas | Desember 26, 2011, 11:19 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Mei 2009
S S R K J S M
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

  • 61,244 hits
%d blogger menyukai ini: