//
you're reading...
Edukasi, Sosial Review

Prihatin dengan Mail Yahoo.co.id

Secara ngga sengaja saat mengikuti Diklat PLPG rayon 14 Center Surabaya, menemukan sebuah fenomena yang memprihatinkan. Waktu itu saya sedang menyampaikan simulasi peer teaching dengan materi pembuatan e-mail account. Semua kegiatan lancar-lancar saja. Namun saat setelah mengisi form registrasi, dosen pembimbing terusik dengan isian tanggal lahir. Pasalnya, beberapa waktu lalu yahoo sangat restrict terhadap member e-mail yang berusia dibawah 18 tahun. Tapi kenyataannya setelah register dengan mencoba usia dibawah 18 th (sebagai contoh : kelahiran tahun 2000) member / user tersebut lolos dan memiliki ID yahoo.co.id.
Padahal waktu di coba membuat account di yahoo.com member/user dengan usia di bawah 18 th, hasilnya ditolak dan tidak berhasil mendapatkan e-mail account di yahoo.com.

yahoo.co.id

Usia 10 tahun di approve yahoo.co.id

Usia 10 tahun ditolak oleh Yahoo.com

Bagi saya ini sungguh fenomena yang memprihatinkan, karena usia di bawah 18 tahun (seperti contoh di atas berusia 10 tahun) masih belum bisa memilah informasi mana yang baik dan mana yang buruk. Usia 10 tahun kalau ngga salah masih duduk di bangku kelas 4 Sekolah Dasar (SD). Bukannya fobia, namun perlu dikaji ulang dengan meloloskan member e-mail account di bawah umur apakah tidak terlalu riskan??…

Kita tahu bahwa e-mail account dapat dengan mudah dimasukki oleh spam, atau bahkan digunakan untuk mendaftar fitur-fitur lain yang jika tanpa didampingi oleh orang tua akan sangat berbahaya sekali bagi perkembangan dan wawasan pengetahuan IT si anak tersebut.

Sebagai orang tua rasanya perlu kita turut mengawasi penggunaan teknologi Internet ini, terutama penggunaan e-mail account di yahoo.co.id. Dampingi mereka saat memanfaatkan layanan tersebut. Dan yang yang lebih penting kita berharap khususnya pengelola yahoo.co.id maupun pihak terkait hendaknya mengkaji ulang atas dasar apa meloloskan registrasi e-mail account jika usia si pendaftar masih di bawah 18 tahun.

Semoga menjadi renungan kita bersama dan menjadikan kita lebih waspada serta peduli terhadap lingkungan pendidikan anak-anak kita (khususnya di dunia IT).

Iklan

About cakanas

Seorang yang terlahir di kota Pahlawan, yang hobby mempelajari sesuatu yang baru walau terkadang agak "extrem" hanya sekedar untuk membuktikan bahwa orang lain bisa mengapa ku tidak.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Juli 2010
S S R K J S M
« Feb   Okt »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

  • 63,032 hits
%d blogger menyukai ini: